Posted by : anshar pratama Jumat, 01 Januari 2010

pasti akan merasa jengkel dengan adanya pesan “Consider Replacing Your Battery”. Pesan itu muncul pada icon battery pada taskbar. Ditambah lagi dengan tanda silang merah yang selalu berkedip-kedip. Mengapa hal ini terjadi? Penyebab serius dari masalah Consider Replacing Your Battery adalah karena Windows 7 “salah” dalam membaca ACPI dari Laptop tersebut. Oleh karena itu Windows 7 akan mengeluarkan warning atau error yang salah? Lho kok bisa? Ini karena BIOS laptop tersebut belum mendukung sepenuhnya Windows 7 sehingga antara BIOS dan OS Windows 7 tidak sinkron. Banyak laporan dari blogger yang menyatakan laptop lama saja yang pasti akan mengalaminya, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, saya sendiri yang menggunakan laptop keluaran baru pun juga pernah mengalaminya. Anda tentu berpikir kalau batterynnya yang rusak dan perlu diganti, hal itu dibenarkan oleh Microsoft. Apabila Anda mengalami masalah “Consider Replacing Your Battery” seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru-buru membeli baterai laptop baru. Ada suatu cara sederhana untuk menghilangkan pesan yang mengganggu tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
1. Perhatikan pada icon battery di taskbar pojok kanan bawah harusnya tampil seperti ini:
2. Klik icon tersebut lalu perhatikan bahwa ada checkbox Warn me if my battery may need replacement. Silahkan hilangkan tanda centang pada checkbox itu.
3. Hilangkan tanda centang pada checkbox seperti ini:
4. Icon akan terlihat tidak akan menampilkan tanda silang merah berkedip-kedip lagi, tanda itu juga tidak akan tampil ketika laptop dalam kondisi charging. Cara tersebut mungkin masih ada kekurangannya sampai Microsoft mengeluarkan update atau patch untuk Windows
5 khususnya masalah battery. Untuk jangka panjang, kita dapat mencoba melakukan perawatan baterai laptop untuk mengembalikan ke kondisi penghitungan semula yaitu dengan cara mengosongkan isi baterai tersebut hingga benar-benar habis, kemudian isi kembali hingga penuh. Oleh karena itu, cara yang terbaik adalah untuk mencegah hal ini jangan sampai terjadi yaitu dengan menghindari pemakaian baterai hingga power atau energi pada baterai benar-benar habis, seperti laptop mati dengan sendirinya, karena hal ini akan membuat baterai cepat rusak. Anda harus melakukan charge pada saat baterai sudah mencapai 10% dan mencabut jack adaptor ketika charging selesai 100%. Jadi, salah satu cara yang dapat dicoba untuk merawat baterai adalah dengan membiarkan power pada baterai benar-benar habis hingga laptop mati dengan sendirinya. Kemudian biarkan laptop di-charge terlebih dahulu hingga penuh, baru digunakan kembali. Selanjutnya, jaga jangan sampai baterai kosong. Selamat mencoba, semoga berhasil!


Sumber

Welcome to My Blog

- Copyright © 2009-2013 Anshar Share All Right Reserved -Dark Amaterasu Template -